Ahli Psikologi Zaman Thondike
Hal ini terbukti dengan banyaknya hasil-hasil riset psikologi lainnya yang diangkat menjadi teori konsep dan metode psikologi pendidikan. Hukum effek menyatakan bahwa respon yang dibarengi oleh kepuasan.
Psikologi Pendidikan Topik 1 Pengenalan Psikologi Pendidikan Objektif
Thorndike menitikberatkan pada aspek fungsional dari perilaku yaitu bahwa proses mental dan perilaku berkaitan dengan Thorndike diklasifikasikan sebagai behavioris yang fungsional berbeda dengan Pavlov sebagai behavioris asosiatif.
Ahli psikologi zaman thondike. Setiap tokoh memiliki pendapat berdasarkan pemahamannya masing-masing. Thorndike berdasarkan eksperimen yang ia lakukan pada tahun 1890-an. Secara historis psikologi belajar pertama kali dilakukan oleh ahli psikologi seperti Eddinghaus 1885 Bryan dan Harter 1887 1899 dan Thorndike 1898.
Beliau menggunakan seekor kucing untuk membuat kajian. Tentu saja gagasannya tersebut agak berseberangan dengan gagasan Sigmund Freud. Penjelasan teori behavioristik menurut beberapa tokoh akan dijabarkan sebagai berikut.
Di samping itu mereka memiliki penilaian yang berbeda-beda. Edward Lee Ted Thorndike 31 Agustus 1874 - 9 Agustus 1949 adalah seorang Psikolog Amerika yang menghabiskan hampir seluruh kariernya di Teachers College Columbia University1 Karyanya di bidang Psikologi Perbandingan dan proses pembelajaran membuahkan teori koneksionisme dan membantu meletakkan dasar ilmiah untuk psikologi pendidikan modern. Law of Multiple response yaitu individu mencoba berbagai respon sebelum mendapat respon yang tepat.
Dalam eksperimen ini Thorndike membuktikan bahawa haiwan dan juga manusia belajar melalui proses cuba jaya iaitu kaedah cuba dan ralat. Teori Multi Faktor dari Thorndike Muncul pada tahun 1905 1914 dan 1926. Pada zaman Yunani sampai dengan.
Kaitannya dengan hal tersebut beberapa ahli psikologi dari berbagai aliran mendefinisikan istilah belajar seperti Kimble 1961. Teori Belajar Thorndike Pavlov Dan Skinner. Thorndike dan BF Skiner.
Ahli psikologi pendidikan. Teori yang juga sejalan dengan teori Thomson yang kesamaannya terlihat pada kenyataan bahwa tidak ada teori yang hanya berisi faktor G saja. Karen Horney.
Teori ini telah dikemukakan oleh Edward L. Teorinya tumbuh dari prosedur statis tetapi juga berisi dasar neurologis yang berkaitan dengan syaraf. Beliau telah meninggal dunia pada 27 Februari di Leningrad Rusia ketika berusia 86 tahun.
384-322 sebelum masehi Kajian psikologi bermula di Greek purba 1595-1690 Konsep interaksionisme dan dualisme diperkatakan Dimulakan oleh Rene Descartes1595-1650 Ahli falsafah dan pakar matematikPerancis yg memperkatakan tentangmanusia terdiri drp gabungan pemikirandan badan atau jasad dan roh Menentang pendapat dualisme ygmenyatakan manusia terdiri drp jasadyg terpisah. Belajar merupakan pembahasan menarik yang menjadi pusat perhatian para ahli psikologi pendidikan untuk mengungkap rahasia dibalik belajar tersebut. Selain ketiga hukum pokok di atas Thorndike mengemukakan adanya 5 hukum tambahan yaitu.
Ivan Pavlov merupakan salah seorang daripada ahli teori Behavioris selain daripada Skinner Thondike dan Watson. Pendekatan Behaviorisme Ahli psikologi tidak perlu memberi perhatian kpd peristiwa yg berlaku dalam mental sedar dan tidak sedar sebaliknya memberi tumpuan kpd tingkah laku yg boleh diperhatikan secara nyata atau tidak nyata. Psikologi pendidikan menurut sebagian ahli adalah subdisiplin psikologi bukan psikologi itu sendiri.
RajaGrafindo Persada 1998 h. Oleh ahli psikologi untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi pikiran ingatan dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang untuk memperoleh pengetahuan. Law of attitude yaitu proses belajar dapat berlangsung.
Psikologi Pendidikan Psikologi pendidikan menurut sebagian ahli adalah subdisiplin psikologi bukan psikologi itu sendiri. Eksperimen ini menggunakan. Banyak psikolog membuat pengakuan eksplinsit bahwa belajar merupakan hal sentral dalam mempelajari.
Thorndike pada tahun 1911. Pada zaman sebelum Masehi jiwa manusia adalah menjadi topik pembahasan para filsuf. Teori Pelaziman Operan Thorndike juga dikenali sebagai teori cuba-ralat.
Aliran kognitif dengan tokoh-tokoh utama J. Ivan Pavlov merupakan ahli fisiologi psikologi dan ahli fizik berbangsa Rusia. Paling tidak sejak zaman Yunani kuno.
Pada bulan September 1929 Thorndike berdiri di depan Kongres Internasional Psikologi di New Haven Connecticut dan memulai pidatonya dengan mengatakan Saya salahPengakuan ini menunjukkan suatu aspek penting dari praktek ilmiah yang baik yaknipara ilmuwan diwajibkan untuk mengubah kesimpulan mereka jika data yang ada menuntut demikian. 7 Sumadi Suryabrata Psikologi Pendidikan Yogyakarta. Thorndike disebut sebagai aliran koneksionisme connectionism.
Saat itu para filsuf sudah membicarakan aspek-aspek kejiwaan manu. Mereka menganggap psikologi pendidikan tidak memiliki teori konsep dan metode sendiri. Teori koneksionisme adalah teori yang ditemukan dan dikembangkan oleh Edwar L.
Watson mengatakan bahawa aspek yg berkaitan tingkah laku seseorang dipengaruhi persekitaran dan bukannya dari unsur-unsur dalaman. Edwart lee thorndike 1842. Karen Horney 1885--1952 adalah seorang ahli psikologi yang berasal dari Jerman.
Psikologi belajar merupakan ilmu terapan psikologi yang terorientasi pada pendidikan. Beliau dilahirkan pada 14 September di Ryazan Rusia Tengah. Mereke mengagnggap bahwa.
Terdapat beberapa ahli yang menjadi tokoh dalam teori ini. Benda-benda menurut perubahan zaman dan pandangan para ahli masing-masing. Thorndike mendasarkan teorinya atas hasil-hasil penelitiannya terhadap tingkah laku beberapa binatang antara lain kucing dan tingkah laku anak-anak dan orang dewasa.
Dalam teorinya ia menggagas bahwa faktor lingkungan eksternal diri merupakan faktor paling penting yang memengaruhi kepribadian manusia. Hal tersebut dimungkinkan karena para ahli psikologi pada masa itu adalah juga para ahli-ahli filsafat atau para ahli filsafat waktu itu juga ahli psikologi.
Teori Belajar Pertemuan Ke5 Teori Klasik Teori Behaviouristik
Comments
Post a Comment